TUGAS SOFTSKILL 4 : PROPOSAL BISNIS E-BOOK SELLING

Nama               : Candra Budi Yusuf
NPM               : 51412548
Kelas               : 4IA23
Dosen              : Dr. Rina Noviana, SKom,. MMSI
Mata Kuliah    : Pengantar Bisnis Informatika                 


PROPOSAL PENDIRIAN USAHA E-BOOK SELLING

PT. WORLDMEDIA


Disusun Oleh :
1.      Candra Budi Y           ( 51412548 )
2.      Fariz Hatman H          ( 52412786 )
3.      M. Farid Ridwan        ( 54412940 )
4.      M. Yogi                      ( 58412239 )
5.      Ni Luh Putu Nita A    ( 55412293 )
6.      Wisnu Satrio A           ( 57412758 )
Kelas   :  4IA23




TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016



A.    PENDAHULUAN
E-Book adalah singkatan dari Electronic Book atau buku elektronik. E-book tidak lain adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer. E-book ini berupa file dengan format bermacam-macam,ada yang berupa pdf (portable document format) yang dapat dibuka dengan program Acrobat Reader atau sejenisnya. Ada juga yang dengan bentuk format html, yang dapat dibuka dengan browsing atau internet eksplorer secara offline. Ada juga yang berbentuk format exe.
Dalam penjualan buku elektronik ini tentunya kami membutuhkan kerja sama dari beberapa pihak penerbit buku untuk kelangsungan penjualan buku elektronik tersebut. 

B.    LATAR BELAKANG
Ilmu pengetahuan dan teknologi komputer kini semakin berkembang pesat dan dapat digunakan dimana saja. Banyak sekali masyarakat yang sudah mengerti akan hal teknologi. Hampir semua masyarakat di dunia mempunyai smartphone yang mereka bawa setiap harinya, bahkan sangat bergantung dan hampir menjadi kebutuhan bagi masyarakat di dunia. Tidak hanya orang dewasa, pelajar pun demikian. Banyak hal yang dapat ditemukan dari penggunakan teknologi komputer, mulai dari sekedar mencari informasi, mencari ilmu pengetahuan sampai membantu pekerjaan manusia. Salah satu penggunaan teknologi komputer yang saat ini sudah banyak diperoleh adalah ilmu pengetahuan. Peran buku dalam bentuk kertas, sudah dapat digantikan dengan adanya teknologi E-book.
E-book merupakan salah satu solusi untuk mengurangi jumlah pohon-pohon di dunia yang dijadikan sebagai kertas (bahan buku). Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, E-book tidak lain adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer.
Oleh karena itu, kami “PT. WorldMedia”merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang usaha penjualan buku elektronik (e-book selling) ingin memudahkan masyarakat dalam mencari dan membeli buku dengan bantuan teknologi komputer.

C.    TUJUAN
Adapun tujuan dalam membuat usaha e-book selling ini, antara lain :
·         Menyediakan buku-buku dalam bentuk eletronik
·         Membantu masyarakat untuk mengetahui akan buku elektronik
·         Memberikan kepuasan bagi pelanggan
·   Membantu masyarakat dalam mencari dan mendapatkan buku yang diinginkan melalui leyanan e-book
Dalam pembuatan usaha e-book selling, kami mempunyai target penjualan yang ditujukan untuk semua kalangan atau semua umur.

D.    PERUSAHAAN
Nama Perusahaan             : PT. WORLDMEDIA
Nama Produk                   : WorldMedia
Spesifikasi                        : Menyedian layanan e-book secara gratis dan berbayar

E.    VISI DAN MISI
Visi
            Bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang senang membaca buku, dengan hanya menggunakan smartphone yang dimiliki untuk djadikan sebagai media membaca dimanapun dan kapanpun.
Misi
·         Memberikan pelayanan dan kualitas yang terbaik kepada pelanggan
·         Memberikan harga yang terjangkau


F.    RENCANA LOKASI USAHA

Dalam penjualan buku elektronik ini, palanggan dapat mengakses website kami, kemudian download e-book yang diinginkan baik secara gratis maupun berbayar.

G.    FITUR WEBSITE
Adapun fitur-fitur yang terdapat pada website e-book selling kami, antara lain :
·         Login
Untuk dapat membeli e-book yang disediakan oleh WorldMedia, terdapat layanan Login yang nantinya pelanggan akan meiliki akun sendiri.
·         Registrasi
Kami menyediakan layanan Registrasi bagi pengunjung website yang belum memiliki akun, agar dapat men-download e-book dengan mudah.

·         Kategori
Berisi pilihan jenis-jenis dari e-book, sehingga pelanggan lebih mudah mencari jenis e-book yang diinginkan.
·         Pencarian
Layanan yang lebih memudahkan pelanggan dalam pencarian e-book. Dengan layanan pencarian, pelanggan dapat lebih spesifik mencari judul buku yang diinginkan.
·         Download
Pelanggan dapat langsung men-download e-book yang diinginkan, baik secara gratis maupun berbayar. Namun, untuk e-book yang disediakan secara berbayar, pelanggan harus mengikuti prosedur pembelian yang sudah ditentukan.
·         Review
Sebelum men-download, pelanggan bisa membaca gambaran e-book secara umum, baik detail megenai e-book(seperti nama pengarang, jumlah halaman, dll) maupun synopsis dari e–book.
·         Pembayaran
Pembayar dapat dilakukan dengan transfer ke nomor rekening yang sudah tertera di website.
·         Contact Us
Apabila pelanggan memiliki pertanyaan yang ingin ditanyakan pada pihak kami, pelanggan dapat menghubunngi pihak kami dengan kontak yang sudah disediakan pada layanan Contact Us.


H.    STRATEGI PROMOSI
Ketika pelanggan mengekases website kami, maka website kami akan menampilkan informasi tawaran potongan harga sebesar Rp. 50.000 saat pelanggan mendapatkan NewsLetter dari pihak kami. Pelanggan cukup memasukkan e-mail yang belum terdaftar menjadi anggota, maka pihak kami akan mengirimkan NewsLetter tawaran tersebut. Tawaran tersebut dapat digunakan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku ketika sudah mendaftar menjadi member.
Kami juga membuat iklan di berbagai website dan sosial media untuk dapat membantu mempromosikan dan menarik pelanggan untuk mengunjungi dan memeli e-book di website kami.

I.    WAKTU
Pelanggan dapat membaca e-book secara langsung, setelah men-downloadnya atau membelinya.

J.    KESIMPULAN
Demikian proposal yang kami buat. Dengan berlangsungnya penjualan buku elektronik (E-book Selling) ini, kami mengaharapkan kerjasama yang baik dari pihak penerbit. Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

TUGAS SETIAP ANGGOTA
1.      Candra Budi Y                : Menyusun Tujuan dan Rencana Lokasi Usaha
2.      Fariz Hatman H               : Menyusun bagian Strategi Promosi dan Kesimpulan
3.      M. Farid Ridwan             : Menyusun bagian Pendahuluan dan Latar Belakang
4.      M. Yogi                            : Menyusun bagian Fitur Website dan Waktu
5.   Ni Luh Putu Nita A         : Menyatukan seluruh bagian dan pengecekan ulang dari isi proposal

6.      Wisnu Satrio A                : Menyusun bagian Perusahaan serta Visi dan Misi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.